Langsung ke konten utama

17 Kata kata KH. Maemoen Zubair Dalam bahasa Jawa ( Mbah Moen )

 

KH. Maemoen Zubair



 17 Kata-kata nasihat dan pepeling KH. Maemoen Zubair ( Mbah Moen )

1. Apik-apik’e dunyo iku nalikone pisah antarane apik lan olo.
Sakwali’e, elek-elek’e dunyo iku nalikone campur antarane apik lan olo.
Mulane apik iku kanggone wong Islam, lan elek iku kanggone wong kafir.


(Bagusnya dunia itu ketika pisah antara bagus dan jelek, sebaliknya jeleknya dunia itu ketika campur antara bagus dan jelek).

2. Nak wong ahli toriqoh utowo ahli tasawuf iku ora ono bedone doso iku gede utowo cilik podo bae kabeh didohi.

(Kalau orang Ahli Toriqoh atau Tasawuf tidak ada bedanya dosa itu baik besar atau kecil semuanya ditinggalkan).

3. Wong Yahudi iku biyen gelem mulang angger dibayar, tapi akehe kiyai saiki ngalor ngidul karo rokoan ora gelem mulang nak ora dibayar, gelem mulang angger dibayar.

(Orang Yahudi dulu mau mengajar kalau dikasih uang, tetapi kebanyakan kyai sekarang mondar-mandir sambil rokoan tidak mau mengajar kalau tidak dikasih uang).

4. Apik-apik’e wong iku taqwo marang Allah yoiku ora ngelakoni doso mboh iku doso cilik utowo doso gede kabeh iku di tinggal.

(Bagus-bagusnya orang itu ialah orang yang bertaqwa, yaitu tidak mau melakukan dosa, baik dosa kecil maupun besar semuanya ditinggal).


5. Wong neng dunyo iku ono bungahe lan ono susahe, kabeh iku supoyo biso dadek’ake parek marang Allah, Tapi nak neng akhirat nak susah susah tok rupane nang neroko, tapi nak seneng yo seneng tok rupane neng suargo

(Orang di dunia itu ada yang senang dan ada yang susah. Semua itu supaya bisa mendekatkan diri kepada Allah, tetapi kalau di akhirat susah terus yaitu ketika di Neraka, dan senang terus ketika di Surga).

6. Kanggone wong islam nak susah yo disabari nak bungah disyukuri.

(Untuk orang Islam ketika susah disabari dan ketika senang disyukuri).


7. Zaman akhir iku senengane podo ngatur pangeran. yaiku podo akeh-akehan istighosahan koyo-koyo demo marang pangeran.

(Zaman akhir itu banyak orang yang mendemo Tuhan yaitu dengan cara Istighosah, seolah-olah seperti mengatur Tuhan).



8. Wong iku seng apik ora kena nyepeleake doso senajan cilik, lan ora keno anggak karo amal senajan akeh amale.

(Orang itu yang bagus ialah tidak menyepelekan dosa meskipun kecil dan tidak sombong ketika punya amal meskipun banyak).

9. Dunyo iku dadi tepo tulodone neng akhirat:

الدنيا مراة في الاخرة

(Dunia itu menjadi contoh atau cermin di akhirat).


10. Ngalamate Qiamat iku angger wong tani iku wes aras-arasen tani, mergo untunge iku sitik.

(Termasuk tanda Qiyamat itu orang sudah malas untuk bertani, karena untungnya sedikit).


11. Gusti Allah iku gawe opo bae mergo sebab awae dewe ‘kembang seberat mekar dewe’.

(Allah itu membuat apa saja sebab dirinya sendiri ‘Bunga berat berkembang sendiri’).


12. Endi-endi barang iku bakale ilang. Wong mangan daging eyo bakale ilang, tapi ono seng ora ilang,
yoiku barang seng ora ketok koyo dene ruh, kang ora sebab opo-opo, langsung pepareng soko Allah ora melalui proses.


(Semua barang itu akan hilang, orang makan daging juga akan hilang dagingnya, tetapi ada yang tidak hilang yaitu Ruh, ini pemberian lansung dari Allah tanpa proses).

13. Wali iku nak katok iku wes ora disiplin wali, masalahe wali iku ora keno kanggo conto, asale tingkahe iku selalu nulayani adat.

(Yang namanya Wali kalau kelihatan itu sudah tidak disiplin Wali, karena Wali itu tidak boleh dicontoh, karena tingkahnya selalu berselisih dengan kebiasaan).

14. Alamate wali iku wes ora biso guneman karo menungso, masalahe wong nak guneman karo menungso iku yo ora biso dzikir karo Allah.

(Tanda wali itu sudah tidak bisa berkomunikasi dengan manusia karena kalau berdiskusi dengan manusia biasanya tidak bisa dzikir dengan Allah).


15. Barang yen positif iku ora katon , bisone katon iku angger ono negatif, koyo kuwe biso reti padang yen wes weruh peteng, wong biso ngerti Allah angger wes ngerti liyane Allah.

(Sesuatu yang bagus itu tidak kelihatan, dan akan kelihatan ketika ada yang tidak bagus, contoh kamu tau terang kalau sudah gelap, dan kamu tau Allah ketika kamu tau selain Allah).

16. Wong iku yen solat bengi kok ajak-ajak iku berati ora pati ikhlas, masalahe mbengi iku wayah turu, lah wong solat iku kudune soko karepe dewe.

(Orang ketika salat malam mengajak-ajak berarti itu menandakan tidak begitu ikhlas, karena waktu malam itu waktu istirahat, kalau mau salat memang dari keinginan diri sendiri).

17. Wong naliko metu soko wetenge simbok iku kudu susah, tapi yen wong metu soko dunyo alias mati iku kudu roso seneng, iki alamate wong seng bakal urip seneng.

(Orang ketika keluar dari kandungan sang Ibu harus susah, sedangkan keluar dari dunia yaitu meninggal harus senang ini alamatnya orang akan senang).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

pepeling mbah moen

10 kata pepeling mbah maemoen   1. Jika engkau bukanlah orang yang menguasai ilmu agama, maka ajarkanlah alif ba’ ta’ kepada anak-anakmu, setidaknya itu menjadi amal jariyah untukmu yang tak terputus pahalanya meskipun kau berada di alam kubur. 2. Jangan mudah berburuk sangka agar tidak gelap hati dan tidak sengsara. 3. Jangan mikir kelak jadi apa, yang penting belajar giat. 4. Janganlah sedih atas suatu musibah, kamu tidak mengetahui apa yang akan Allah berikan kepadamu sebagai gantinya. 5. Jika kau tak bisa berbuat baik sama sekali. Maka tahanlah tangan dan lisanmu dari menyakiti. Setidaknya itu menjadi sedekah untuk dirimu. 6. Termasuk orang yang bagus yaitu orang yang tidak bisa mengaji tetapi suka berkumpul dengan orang yang bisa mengaji. 7. Kamu kalau jadi guru, dosen atau jadi kyai kamu harus tetap punya usaha sampingan agar hati kamu tidak selalu mengharap pemberian ataupun bayaran orang lain. 8. Jika kau tidak bisa berbuat baik, maka tahanlah lisan dan tanganmu dari menyakiti.

kisah abu nawas tentang air ajaib

       Abu Nawas adalah seorang tokoh legendaris dalam cerita-cerita rakyat Timur Tengah, terutama dalam tradisi sastra Arab.       Ia dikenal sebagai seorang yang cerdas, licik, dan seringkali menggunakan humor untuk menyampaikan hikmah atau menghibur.       Berikut adalah salah satu cerita tentang Abu Nawas: Suatu hari,       Harun Al-Rashid, khalifah besar di Baghdad, mengundang Abu Nawas untuk menghadiri jamuan makan istana.       Abu Nawas dengan ceria datang ke istana, namun tampaknya ia terlihat agak berbeda dari biasanya.      Khalifah bertanya, "Abu Nawas, mengapa kau terlihat begitu berbeda hari ini? Apakah  ada sesuatu yang tidak beres?"    Abu Nawas tersenyum dan menjawab, "Wahai Khalifah yang mulia, saya baru saja mengalami pengalaman yang luar biasa! Saya telah menemukan air ajaib yang bisa membuat saya lebih muda!"        Khalifah tertarik, "Air ajaib? Dimana kau menemukannya?"    Abu Nawas menjawab, "Saya menemukannya di sungai yang ja